PENSI FK UNSRI 2010

hari ini bertepatan dengan acara tahunan FK UNSRI yaitu Pentas Seni (Pensi) FK UNSRI 2010. seperti biasa, aku ditunjuk menjadi MC formal dadakan sehari sebelum acara dimulai. bagiku itu tidak masalah karena memang aku telah banyak "pengalaman dadakan" yang membuatku tidak begitu gugup menghadapi sesuatu yang dadakan. tugasku hanya membawakan acara formal. acara non-formal dibawakan oleh rekanku yang lain.

menurutku pensi tahun ini dan tahun kemarin sangat berbeda. berbeda dalam segala hal. mulai dari lokasi, sarana, stand-stand kelas, situasi, kesiapan, substansi acara, dll. untuk lokasi, lokasi untuk acara pensi dipindahkan ke tempat yang lebih besar yaitu lapangan parkir belakang FK UNSRI, bukan lagi koridor sempit di depan kelas skora (pensi tahun lalu). sarananya juga ditambah, ditambah tenda dan 2 spanduk yang gede-gede. dari segi stand-stand dan situasi, pensi kali ini lebih meriah dengan stand-stand yang pastinya menguras dana yang cukup banyak dari masing-masing kelas. ada beberapa tema yang diusung dari masing-masing kelas. kelas kami (PDU 2008 Reguler) mengusung tema kolosal a.k.a tradisional. stand kelas kami dihiasi dengan hal-hal yang berbau "indonesia banget". stand dibuat menjadi seperti pondok dari dedaunan kering, di dalamnya ada berbagai macam makanan khas indonesia, dan kebetulan aku jaga stand mulai dari abis nge-MC sampe jam 2 siang. sebenarnya giliranku sudah habis pada jam 12 siang, tapi karena tugas jaga stand itu menyenangkan, maka aku lanjutkan sampe jam 2. bukan hanya stand, dress code dan persembahan kelas kami pun bertemakan indonesia. wanita memakai kebaya dan batik sedangkan pria memakai baju ala kabayan. penampilan kelas kami berupa parodi tentang pahlawan super di Indonesia, yaitu wiro sableng, gatot kaca, dan si buta. maskot kelas kami yaitu seorang tukang (teman kami yang tugasnya jadi tukang) yang membawa gerobak putu keliling. tak kalah serunya, kelas-kelas lain pun mengusung tema-tema kreatif dan menarik. kelas PDU 2008 non-reguler mengusung tema karnaval dengan maskot jokernya. kelas PDU 2007 reguler bertemakan alam dengan maskot masyarakat purbanya. kelas PDU 2007 non-reguler bertemakan piala dunia 2010 dengan maskot badut bolanya. PDU 2009 reguler mengusung tema pantai yang "nyantai" banget, dan PDU 2009 non-reguler memilih tema "hari pendidikan nasional" dengan dress code anak sekolah.

well, persembahan masing-masing kelas sangat menarik. tetapi, ada satu persembahan kelas yang sangat menarik perhatianku (selain persembahan kelasku tentunya), yaitu persembahan kelas dari kakak-kakak PDU 2007 reguler. mereka menampilkan sebuah parodi yang berjudul "Indonesia mencari bakat". sebuah parodi yang mengkritisi sistem FK UNSRI yang amburadul, mulai dari kelas yang panas kayak neraka (lebay), AC yang jarang hidup, nilai yang berubah-ubah, kadang besar terus jadi kecil, mahasiswa yang tadinya dapat A bisa dapat C saat pengeluaran nilai berikutnya padahal itu nilai pada semester yang sama (kok bisa ya???). selain mengkritisi, mereka juga menampilkan hiburan-hiburan tarian yang "ga kenal jaim" dari kakak-kakak yang "ga kenal jaim" juga. menurutku, persembahan mereka ini sangat spesial, mereka tidak hanya kreatif dan kompak, tapi juga inovatif dan BERANI.  ya, dua kata terakhir mungkin belum dimiliki oleh angkatan kami. mereka berani menampilkan persembahan tersebut live di depan pembantu dekan 3. wow, aku benar-benar terkesan dengan apa yang diperbuat oleh mereka itu. aku harap, keberanian mereka dapat menular ke angkatan 2008. aaamiiin.

pengalaman baru yang tak mungkin ku lupakan hari ini adalah berkenalan dengan 2 orang mahasiswa koas asing dari Maastricht Universiteit, Netherland. Jeroen and Marjan. mereka excited banget pas nyobain buat putu di gerobak keliling kami. and you know? I think they are so friendly! mereka tertarik banget dengan stand kami yang menjual banyak makanan khas Indonesia. mmm, sudah lama aku tidak bicara live dengan "warga asing". terakhir kalinya aku berteman dan have a nice talk dengan warga asing adalah saat aku duduk di bangku SMA. aku menyadari bahwa sejak tamat SMA, aku sudah jarang meng-upgrade bahasa inggrisku, sudah banyak vocab yang hilang dari ingatanku ditambah pronunciation yang semakin amburadul karena jarang dipraktikan. kejadian hari ini benar-benar membuatku sadar akan pentingnya meng-upgrade bahasa inggrisku lagi. yeah, I love english. saat SMA, aku sangat tertarik dengan kelas bahasa Inggris. saat diberi tugas yang berkaitan dengan bahasa Inggris, aku pasti mengerjakannya dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. tapiiiiii sekaraaaang, ketika dosen memberi slide full bahasa Inggris, aku jadi sangat malas membacanya. aku tidak tahu apa sebabnya, tapi yang jelas sekarang aku terpecut lagi untuk mempelajari bahasa inggris lebih dalam. aku tidak tahu apakah di FK UNSRI ada pertukaran mahasiswa ke luar negeri atau tidak, tapi masih lekat dalam ingatanku ketika pertama kali aku menginjakkan kaki di FK UNSRI dan bertanya kepada dekan apakah ada pertukaran mahasiswa dari FK UNSRI keluar negeri, maka pak dekan menjawabnya "ya!", semoga saja ini benar adanya.

baiklah, mungkin inilah sekelumit cerita menarik hari ini.
semoga Allah selalu menjadikanku insan yang terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu.
aaamiiiin =)

2 comments:



Darsuna Mardhiah said...

blogwalking di pagi hari

aq nonton tuh acaranya walau hr desak2an pake baju koass.

sayang waktu jaman kami ga ada yg begituan

ayo mampir ke blogku
http://www.darsuna-myhiddenminds.blogspot.com/

desi oktariana said...

@kak darsuna
oke deh kak^^

Post a Comment