Keep your innocent heart!

banyak orang berpikir bahwa lugu itu adalah bahasa halus dari kata "bodoh". tapi tidak halnya dengan saya. lugu itu sangat jauh berbeda artinya dengan bodoh. bodoh adalah ketika kau tidak tau atau tidak melakukan sesuatu yang seharusnya kau lakukan atau tidak mau belajar mengenai sesuatu yang baik. tapi lugu adalah ketika kau tau sesuatu itu baik, maka kau lakukan, dan jika menurutmu itu tidak baik atau tidak penting untuk diketahui/dilakukan, maka kau abaikan itu. saya lebih senang memadankan kata "lugu" dengan kata "apa adanya". kau tak perlu berpura-pura sok tahu bila kau memang tidak mengetahui tentang sesuatu. toh kau masih bisa belajar, dan tidak ada yang salah selama kau masih bisa belajar. kau tak perlu mengada-ada tentang keadaan yang ada pada dirimu, tak perlu malu untuk mengungkapkan dirimu yang sesungguhnya, tak perlu banyak berpura-pura dan menjadi orang lain di depan khalayak ramai. 

lugu juga sering dikaitkan dengan "easy to forgive and forget". banyak orang menganggap bahwa bodoh jika kau masih mau memaafkan dan menerima orang lain yang sering melakukan kesalahan denganmu, bodoh jika kau masih baik, melupakan apa yang terjadi dengan dirimu, dan menganggap semuanya biasa saja. tapi kawan, tidakkah kau bercermin dengan pribadi Rasulullah SAW? banyak orang yang menjahati beliau. tetapi, tahukah kau siapa yang paling duluan berbuat baik kepada mereka (orang yang sering menjahati Rasulullah)? it's Rasulullah. lalu, apakah beliau bodoh? oh tentu tidak!, itu karena kebersihan dari hati beliau.

lalu, apakah lugu juga berarti bahwa kau tidak tau niat orang-orang yang sengaja memanfaatkanmu? terkadang kau mengetahui niat mereka, terkadang kau juga merasa seakan dirimu dimanfaatkan, tapi kau tetap melakukan hal itu, BUKAN karena kau tidak tau, tapi karena kau ingin berbuat baik dan menyenangkan hati mereka, meskipun terkadang mereka menganggapmu orang yang bodoh karena mau dimanfaatkan.

saya pernah mengobrol dengan salah satu teman saya yang sering dikatakan "lugu" oleh teman-teman yang lain. tolong dicatat bahwa kata lugu disini bermakna negatif. saya pernah bertanya kepada dia, "kok kamu lugu banget sih?", lalu dia menjawab, "desi, aku tau makna lugu bagi orang-orang itu lebih ke arah negatif, tapi terkadang, aku membuat diriku terlihat seperti untuk menyenangkan hati mereka, untuk membuat mereka tersenyum".

well, darisitu saya merenung dan dan mengambil kesimpulan bahwa lugu itu bukan berarti kau bodoh. mungkin, orang yang lugu itu lebih cerdas dari orang-orang disekitarnya. but, they keep their negative thinking deep inside their heart and burst million positive thinking inside their heart to go out around them!




0 comments:



Post a Comment