once upon a time saat jaga bangsal bedah

saat ini, saya sedang di stase bedah, ini stase keempat saya... sebelumnya saya tugas di stase rehabilitasi medik, gigi dan mulut (gilut), serta kulit dan kelamin (litmin). di stase rehab dan gilut, ga ada jaga. di stase litmin, kami jaga 4 hari sekali, sekali jaga 6-7 orang. di litmin, jaga nya itu santai, kadang cuma ada 1 atau 2 pasien yang ke IGD, kadang gada pasien sama sekali, tugasnya cuma follow up pasien bangsal. nah, di stase saya yang sekarang, yaitu stase bedah, kami jaga 3 hari sekali, dan itupun dibagi menjadi 3, yaitu jaga bangsal, jaga IGD, dan jaga OK (kamar operasi). koas yang jaga IGD dan OK masing-masing berjumlah 6 orang, sedangkan yang jaga bangsal masing-masing 1 orang untuk setiap bangsal.

jaga bangsal itu emang ga terlalu capek (bila dibandingkan jaga OK, apalagi IGD), yaa meskipun sendirian, tapi yang bikin capek itu kalau pasiennya macem-macem dan perawatnya sibuk terus nyuruh kita buat gantiin mereka. so, once upon a time saat jaga bangsal:

koas stay di konter deket pintu masuk bangsal. tiba-tiba ada keluarga pasien, "sus (padahal jelas-jelas di name tag nya ada tulisan dokter muda), pasiennya itu sus, panas! tolong liatin dulu sus". saya pun menuju kamar pasien dengan membawa alat temperatur buat ngukur temperatur pasien. sesaat setelah sampai di kamar pasien, "ibu panas ya? kok saya raba badannya ga panas?". kemudian pasiennya berkata, "iya dok (nah yang ini udah ngerti klo kite bukan suster), saya kepanasan banget dok, tolong dok, kepanasan banget, sudah dikipas-kipas, masih aja kepanasan, hu ha hu ha", kata pasiennya.WTF!!! ibuuuuuuu, kepanasan itu BEDA dengan panas.... T____T

di lain waktu

seorang ibu-ibu sekitaran umur 50 tahun mengeluh, "dok, saya sakit perut, sakit banget dok, haduuh dok, tolong banget".

"oke bu, kita suntik obat sakit perut dulu yaa", kemudian saya suntikan satu ampul ranitidin per iv ke dalam infusnya.

setelah disuntik obat sakit perut, "wah udah ga lagi ni dok, makasii ya dok"

setengah jam kemudian...

keluarga pasien datang lagi ke konter tempat saya nongkrong, "dok, tolong, pasien yang tadi dok, tolong liatin dulu, dia kesakitan lagi"

"ibu ada apa lagi?", tanya saya

"aduuuh dok, sakit perut lagi dok, tolong dikasih obat lagi dok, sakit perut", kata si pasien sambil megang perutnya

"lah, tadi kan udeeeh bu, masa' mau disuntik lagi, nanti over dosis loh... +____+", kata saya sambil mengerenyitkan dahi

denger saya ngomong gitu, pasiennya tiba-tiba jerit-jerit ga keruan, "aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, sakit, sakit, sakit"

mmm, ada sesuatu dalam diri ibu ini, masa udah dikasih obat, tapi dia masih jerit-jerit gitu. saya jadi kepikiran kalo ibu ini sakit perutnya cuma neurogenik alias sugesti aja. tiba-tiba akal bulus saya muncul *ting*, saya suntik aquades aja ah, siapa tau ya, hehehheee...

dengan senyum merekah, saya datang ke kamar pasien dengan sped di tangan seperti membawa pistol kayak di film-film action, "ini kita suntik obat lagi yaa, obatnya topcer loh"

5 menit setelah disuntik aquades tadi

"ibu masih sakit?", tanya saya

"alhamdulillah udah ga lagi dok, makasihh yaa dok", kata si pasien sumringah

dan saya pun tersenyum culas, wkwkwkkwkk :p

well, kalau yang ini pasiennya agak menye-menye. nih pasien post laparotomi:

ibu-ibu tua dengan muka panik dateng ke konter, "dok, itu tolong liatin dulu anak saya, itu dia ga tau kenapa nih dok" (dengan bahasa yang agak ga jelas)

kucuk-kucuk datang ke kamar pasien, "ada apa pak?", well, sebenernya dia masih muda, tapi tak panggil "pak" aja, dari pada "kak", sok deket banget, ggge

"ini dok, tolong genti perbannya, serem banget nih dok, berair gini", pinta si pasien

saya pun  ngeliat perbannya, "berair mana pak? perbannya bagus-bagus aja kok, lagian tadi siang kan udah diganti perbannya, besok pagi baru diganti lagi yaa"

5 menit kemudian

ibu-ibu tua tadi dateng lagi, "dok, tolong itu kesakitan"

"ada apa lagi pak????", tanya saya

"perut saya nyeri dok, tolong dok aduuuuhh, oeeek oeeekkk", rintih si pasien

"oke, kita suntik obat sakit perut dulu yaa di infusnya", jelas saya kepada pasien

5 menit kemudian

eh ni ibu-ibu dateng lagi untuk kesekian kalinya, "dok tolong"

saya pun ke kamar pasien untuk kesekian kalinya, "ada apa lagi pak???", tanya saya

"ini dok, tolong genti perbannya, serem banget nih, hhu", sambil liat-liatin perbannya

"loh bapak, kan udah saya omongin tadi, besok pagi baru diganti, lagian perbannya ga kenapa-napa kok", jelas saya dengan tampang yang mulai bete

"haduuh dok sakit dok sakit", sambung pasien dengan tidak nyambungnya (saya juga rada ga ngerti kenapa dia tiba-tiba ngeluh sakit perut lagi, padahal baru dikasih obat)

"kan barusan dikasih obat bapaakkk, ditunggu aja yah obatnya kerja"

saya pun pergi meninggalkan kamar pasien itu

5 menit kemudian

terdengar lagi panggilan dari keluarga pasien, "dok, tolong dok". saya mulai curiga nih ada sesuatu dengan pasien ini, masa' manggil-manggil terus. "ada apa lagi paaakkkkk???" tanya saya dengan muka merah dan 2 tanduk di kepala. "hehe, ga pa pa dok, cuma mau diperhatiin sama dokter yang manis ini ajah". aaaaaaaaaaaaaarrrrrrggghh, plak!

1 comments:



Ria Hidayah said...

hihiihih.. ternyata desi keren juga nulis cerita kaya gini... tulisan desi jadi berbeda rasa, KOCAK.. hihihihiihhihi... seru bacanya hampir sama lah kaya baca CADO2 sama CADO2 KUADRAT.. hahahahah,.. (y) LANJUTKAN!!

Post a Comment